Jumat, 09 Desember 2011

Singapore 1-4 Dec 2011 (Day 1)

Pukul 9.30 dengan si “Burung Biru” kita berangkat ke Bandara Husen Sastranegara. Nyampe, Foto dulu didepan bandara dan kemudian kita langsung check in. Pada saat Check In tunjukkan tiket dan passport dan kemudian membayar Airport Tax sebesar Rp.75.000 untuk penerbangan internasional. Setelah itu kita diberikan kartu imigrasi yang harus kita isi. Satu berwarna hijau (imigrasi Indonesia) dan berwarna merah (imigrasi Singapore). Kita mojok ke satu sisi yang tidak lumayan rame, isi kedua kartunya (biar nanti tidak repot lagi) dan kemudian langsung menuju imigrasi. Kartu imigrasi Indonesia bagian keberangkatan di ambil petugas, passport kita di cap dan kemudian kita dipersilahkan masuk ruangan tunggu . Oiya jangan lupa selipkan kartu imigrasi yang tersisa di plastik sampul passport agar tidak hilang.

Saat itu di ruangan tunggu, umumnya kami bertemu dengan orang Malaysia, yang sepertinya habis shopping keliling bandung. Mereka sedang menunggu penerbangan Airasia menuju Kuala lumpur. Jam 12.25 kita masuk pesawat dan tak lama setelah itu kita telah berada di udara. ^.^

Penerbangan menuju Singapore sekitar 1,5 jam. Pesawat nya saat itu Cuma berisi sekitar setengahnya. Kami mendapatkan box kecil yang berisi kue bolu dan sandwich kecil dengan sosis serta satu cup air mineral. Tak lama setelah itu pramugari nya juga menawarkan mau kopi atau teh….jadinya saya membandingkan kalau naik Batavia mudik ke Padang Cuma dikasih air mineral padahal harga tiketnya lebih mahal…haduhhh…haduuh….tapi nikmati saja lah…ini keluar negeri lho….hahhaahha

Penumpang yang terhormat, sebentar lagi kita akan mendarat di Bandara Changi Singapore…suara pramugari dari pengeras suara …..huaaaa deg2 an…..

Jangan lupa sesuaikan jam kita dengan jam Singapore.

Keluar dari pesawat, kami merasakan hawa yang berbeda, berusaha adaptasi dengan lingkungan baru, orang2 berbagai bangsa, bahasa, warna kulit hilir mudik, sempat terpana melihat sekeliling. Dan akhirnya tersadar saya kebelet pipis….hehehe kemudian saya langsung kabur ke toilet terdekat. Toilet nya lumayan antri. Pengalaman yang pertama, saya melihat seorang ibu yang sedang mengganti popok anaknya di toilet. Ternyata di toilet changi disediakan seperti meja yang bisa dilipat kembali setelah dipakai, agar si ibu bisa membaringkan anaknya ketika mengganti popok. Giliran saya masuk toilet, hanya ada closet duduk, tisu dan sensor. Huaaaaa…….ga ada kran air nya….hiks….hiks….apa lah daya…terpaksa pake tisu. Setelah selesai dan ketika berdiri si sensor langsung berwarna hijau dan taaarraaa….si closet langsung bersih kembali….(ndesooo bgt si saya..hahahaha)

Okey, setelah keluar dari imigrasi, langsung kita jalankan misi pertama di itinerary. Mencoba slide di terminal 3 changi. Karena kita arrivalnya di Terminal 2, kita naik Skytrain ke Terminal 3 (sky train ada di lantai 2 masing2 terminal). Slide terminal 3 changi ada yang berbayar dan ada yang tidak. Nah karena kita dengan modal pas2an, kita cari yang gratis saja. Slide yang gratisan ada di Terminal 3 Basement 2. Ketemu dan ternyata antri….yang ngantri adalah anak2 kecil saudara2. Ga usah malu, yg penting nyoba…hahahahaha

Tujuan selanjutnya Ticketing Office untuk membeli Singapore Tourist Pass (STP). Kami kembali ke terminal 2 dengan skytrain, Dan mencari MRT di terminal 2. MRT ada di lantai 1. Kami membeli Singapore tourist pass untuk 3 hari. 1 hari nya SGD 8 dan deposit SGD 10. Awalnya sempat ragu, bagusan STP atau Ezlink. Setelah mikir2, karena akan jalan kemana2 mending STP aja. Ga khawatir kehabisan saldo dan ga susah2 top up lagi. Bebas MRT dan bus2 tertentu keliling2 singapore.

Yihaaaaaaaaa….STP sudah ditangan. Rancana selanjutnya kita akan langsung menuju ABC hostel di Bugis. Karena MRT changi hanya sampai Tanah Merah, turun di Tanah Merah dan kemudian ambil MRT kearah Joo Koon (jalur hijau) . Melewati 8 stasiun dan sampailah kami di stasiun MRT Bugis. Turun, kemudian langsung menuju Exit B ke Victoria Street. sampai di luar stasiun jalan lurus ketemu Raffless Hospital, Nyebrang Ophir Rd, Jln. Pinang, Jln. Pisang, Jln.Kledek, Jln.Kubor belok kanan sedikit langsung kelihatan ABC Bacpacker hostel. Kita Check in, bayar kekurangan dan deposit, dikasih 2 keycard kamar, remote AC,handuk dan selimut (harus dikembalikan lagi pas check out agar deposit juga kembali). Di antar deh ke kamar. Saat itu saya tanya nama mbak2 nya…ehhhh ternyata dia yg namanya Kenix. fufufufufu…jodoh yak ternyata...owh ya Key card jangan sampe ilang yah…kalo ilang harus membayar SGD 10.

Kita istirahat, bersih2, sholat dan jam 8 malam kita langsung cabut ke Little India. Dari Bugis naik MRT ke arah Joo Koon turun di Outrampark. Di Outrampark ganti kereta kearah Punggol berhenti di Farrer Park (jalur ungu). Mulai lah kami explore little india, orang-orang india yang memakai sari, aroma2 india, serasa di India asli.hehehehe….jalan ke Mustafa Centre muter2 langsung beli coklat, Mustafa Centre buka 24 jam, semua ada, tumpah ruah…..lanjut ke Sri Veeramaa Kaliamman Temple, foto2 dan lanjut ke tekka centre. Rencananya mau makan di Tekka Centre karena udah kemalaman Tekka Centre nya udah banyak yang tutup. Ya udah kita putuskan makan di daerah Kp. Glam saja. Dari Tekka Centre dengan peta kita ikutin jalan2 menuju Arab Street. Sampai di Arab Street kita cari tempat makan yang sesuai dengan lidah tapi yang buka hanya cafe2 dengan orang2 yang ber shisa ria terus jalan dan akhirnya memutuskan makan di sebuah tempat makan di daerah Kandahar Street. Malam itu sang perut sangat meminta nasi akhirnya saya pesan Nasi Goreng (SGD 4) seafood dan Es Teh manis (SGD 1). Nasi gorengnya enak, ngasih Seafood nya ga pelit dan ketika berbincang2 dengan salah satu pegawai restoran ternyata disana ada orang Surabaya juga yang bekerja. Hohohoho

Selesai makan, badan lelah dengan kaki yang lumayan nyut2an dan mata yang sudah ngantuk, kita putuskan pulang ke hostel. Sebelum tidur pake geliga dulu…hehehehe karena besok perjalanan akan lebih panjang…..zzzZZZZZzzzz........